ABBY NIRWASITA FANANI


Saya mengira bahwa kata Abby berasal dari bahasa Arab seperti Aba yang artinya Bapak. Ternyata Abby adalah kosakata atau vocabulary dari bahasa Inggris (English) yang memiliki arti anak (kesayangan bapak). Setelah mengetahui itu saya mantapkan hati untuk memberi nama anak saya yang lahir pada hari Selasa (rabu pahing) tanggal 26 Juni 2012 pk. 22.57 WIB melalui bedah SC ( Seksio Sesarea: English) atau lebih dikenal Bedah Sesar dalam Bahasa Indonesia. Bedah caesar umumnya dilakukan ketika proses persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan karena berisiko kepada komplikasi medis lainnya. Sebuah prosedur persalinan dengan pembedahan umumnya dilakukan oleh tim dokter yang beranggotakan spesialis kandungananakanastesi serta bidan. Istri saya harus melahirkan dengan sesar karena jalan keluar bayi melalui vagina tertutup oleh plasenta (Plasenta Previa). Jika saja tetap memaksakan untuk melahirkan secara normal akan berakibat perdarahan hebat pada sang ibu.

Operasi bedah sesar memungkinkan untuk orang tua memilih hari dan tanggal berapa bayi akan dilahirkan. Saya menilih tanggal 30 Juni 2012 (Sabtu Kliwon) tetapi ternyata pada tanggal itu dr. Thomas Hadipurnama S.Pog, dokter spesialis kandungan di RSUD Buntok, akan menghadiri seminar dokter kandungan di Bali. Jadi, tanggal di paragraf 1 sebagai pilihan kami berikutnya. Apa istimewanya hari itu? Menurut orang tua Rabu Pahing adalah hari penuh berkah. Anak saya Kinasih Dita Prihastuti, kakaknya Abby, lahir pada weton yang sama. Rabu Pahing berjumlah 16, angka yang tinggi untuk ukuran rezeki sehingga saya orang tua berharap weton anak saya Abby lebih tinggi dari Dita atau sama tetapi jangan sampai dibawahnya. Biar tidak mengurangi rezeki itu kata para orang tua🙂

Nirwasita berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pemberani. Jadi saya berharap bahwa Abby Nirwasita menjadi anak terakhir dari saya dan istri saya yang saya sayangi dan menjadi anak yang pemberani. Sifat pemberani adalah sifat dasar untuk dapat melakukan sesuatu. Tanpa sifat berani segala sesuatu yang akan dilakukan tidak akan terlaksana. Sifat berani selalu ada dalam diri manusia pilihan, pahlawan, kesatria, preman dan pengusaha sukses.

Abby berbeda dengan kakak-kakaknya. Hanya Abby yang lahir melalui bedah sesar di rumah sakit dibantu oleh tim yang hebat. Kakak Abby semua lahir ditempat Bidan. Dirumah biasa ditunggui oleh saya seorang. Yang istimewa pada Abby ketika dia lahir ditangani oleh dokter spesialis anak dr. Citra dan Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan drg. Daryomo Sukiastono, M.AP menunggu dan menyaksikan langsung saat Abby keluar kamar operasi dan dibersihkan. Kawan saya Renold juga menemani saya sampai saat menjelang operasi. Saya benar-benar merasa tidak kesepian pada saat itu.

Nama Fanani menjadi nama belakang anak laki-laki pertama saya Hugo Ramadhani Ibrahim. Ini juga menjadi nama belakang Abby Nirwasita. Untuk menghormati ayahanda (almarhum) kakek mereka Syafi’i Paref Fanani. Semoga beliau juga turut menyaksikan atau paling tidak merasakan cucunya bertambah lagi di akhirat sana.

Saya menyadari bahwa harapan hanyalah keinginan dan berlanjut menjadi doa. Tetapi Abby Nirwasita Fanani membawa kehendaknya sendiri. Kehendaknya berasal dari garis takdir yang sudah ditetapkan sebelum dia lahir. Menjadi apapun dia kelak, itu sudah menjadi tugas dia didunia. Selamat datang anakku Abby, semoga engkau menjadi yang terpilih menjadi yang benar-benar manusia.

Tag:, , , , ,

6 responses to “ABBY NIRWASITA FANANI”

  1. budies says :

    pertama kali membaca nama Abby saya juga kepikiran bahasa arab, ternyata salah. kmudian pada Nirwasita sudah menebak bahwa kata ini berasal dari bahasa sanskerta, namun artinya melenceng dari yang saya pikirkan, seperti halnya kata-kata sanskerta yang berpartikel NIR….
    semoga Abby sipemberani kelak menjadi anak pemberani kebanggaan orang tua dan masyarakat

  2. Lia Af says :

    seperti kata orang tua dulu, yang mungkn berlaku hingga kini adalah bahwa “nama itu adalah sebuah doa” …

  3. akhta says :

    Yup.. doa pengharapan dari saya untuk Abby yang berani dan bijaksana. Oh iya, Nirwasita juga bermakna Bijaksana.🙂

  4. akhta says :

    Abby adalah istilah dalam kosakata bahasa inggris kuno yg digunakan orang2 Anglo Saxon. Seperti istilah Hugo yg bermakna “orang yg berpikiran cerdas”. Terbukti Hugo anak saya, alhamdulillah, menjadi anak yg diberkahi kecerdasan hingga saat ini. Semoga Tuhan tetap memberikan berkah itu. Amin.

  5. indriyani pertiwi says :

    Alhamdulillah.. ketika baca artikel diatas “Abby Nirwasita Fanani” yg lahir di hari Rabu Pahing,, jadi senyum-senyum sendiri. karena kebetulan sekali nama itu hampir sama dengan anak perempuan saya. Anak saya bernama “Nirwasita Sekar Kirana” yang lahir pada hari Rabu Pahing juga tetapi dengan proses lahiran normal. Semoga nama itu akan jadi doa yang baik.. Aamiin.. ya Robb..

  6. indriyani pertiwi says :

    Nama “Nirwasita” bisa berarti kekuatan (pemberani) atau bijaksana.
    Anak saya “NIRWASITA SEKAR KIRANA” lahir di hari Rabu Pahing, 28 Januari 2015. “Nirwasita” berarti bijaksana, “Sekar” berarti bunga, “Kirana” berarti cantik atau sinarnya cantik/molek. Semoga baby “Nirwasita Sekar Kirana” akan menjadi perempuan yang bijaksana, mempunyai kekuatan dalam menjalani hidup, cantik luar dalam serta memancarkan pesona keindahan seperti bunga. Aamiin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: