MEMUNCULKAN KOMENTAR PADA POSTINGAN


Kali ini saya akan berbagi tentang memunculkan komentar pada postingan. Tutorial ini sebenarnya sangat sederhana, tetapi beberapa peserta didik saya nampaknya belum merubah setting diskusi pada dasboard wordpress sehingga komentar saya masih tertahan moderasi. Sengaja saya tidak memberitahukan melalui pertemuan tatap muka agar peserta didik juga mencoba belajar secara otodidak melalui berbagai tutorial tentang wordpress yang tersebar di berbagai postingan para bloger.

Untuk peserta didik, Made, Yatminah, Nia, Dina Listi, Memo, Rida Maulana, Ilham, Eddy (blognya keren), Fransiscus, Kartika (blog Indonesia-ku), dan sekitar 90 blog baru dari siswa kelas IX SMPN 1 Dusun Tengah yang tidak mungkin saya link disini, coba perhatikan, setiap kali seseorang berkomentar pada postingan anda, selalu menunggu persetujuan anda agar komentar itu dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini tentunya ada positif dan negatifnya. Apabila ada komentar yang tidak layak atau tidak anda sukai, pembaca anda tidak perlu ikut membacanya. Dinegara demokrasi sebaiknya anda perlu belajar untuk menerima segala komentar dari orang lain meski anda tidak sepakat atau bahkan tidak suka. Seperti yang sering di tulis oleh pak Budi Santosa, “Anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu”. Saya memaknai orang-orang yang berkomentar buruk adalah “anjing” yang tidak perlu digubris tetapi kita harus tetap menghargai dia sebagai anjing yang memang hobinya menggonggong. Sisi positifnya, seorang komentator yang baik (kafilah) akan merasa senang jika komentarnya tanpa melewati editing atau persetujuan dari pemilik blog. Jumlah kafilah dan anjing tentu saja lebih banyak kafilah.

Coba perhatikan gambar dibawah ini. Sebelumnya anda harus masuk dulu ke dasboard kemudian klik “setting” klik “discussion”. Kemudian anda akan melihat tampilan seperti pada screenshoot. Anda harus menghilangkan tanda centang pada dua kotak yang paling bawah. Kemudian klik “save”.

Berhasil, anda telah menjadikan diri anda seorang demokrat yang mau menerima segala komentar dari siapapun. Anda akan mendapatkan pengalaman yang berharga jika anda pernah mengalami sesuatu yang buruk namun anda bertahan hidup. Selamat berkarya.

Tag:, , , , , , ,

29 responses to “MEMUNCULKAN KOMENTAR PADA POSTINGAN”

  1. rianariind says :

    yaaph !!

    >> http://rianariind.wordpress.com/
    “Riana Andam Dewi”

  2. eDdY s says :

    Informasi Yang Sangat Bagus Mr….
    Dan Terima Kasih Infonya Juga, ?😀

  3. Bri Yudistira says :

    Nah, Kebetulan “Postingan.nya Mr.Bejo tentang setting discussion” yang menjadi pertanyaannya : “Apa sih, manfaat moderation? Apa sekedar untuk Notif. aja “tapi itu malah menahan coment orang yang berkunjung; dan menjadikn komentar seseorang tidak muncul sebelum ditangguhkan…. ?? Heheh

  4. helmiyanto says :

    siiip,,,,;-)

  5. supia says :

    pak ini blog saya

  6. supia says :

    pak ini blog saya haru

  7. supia rahmah IX c says :

    di supia.wordpress.com

  8. haru amino IX c says :

    ini blog saya haru amino
    di berbagipengatahuan.wordpress.com

  9. eDdY s says :

    Wadow…Kalian Nich Di Blog Mr…Mau E’komentar apa mau Promosi Blognya sich, jadi bingung saya, Katanya di suruh e’komen, apa kayak gini caranya e’komen ? :[

  10. lasdysuseno says :

    hayyyyyyy smua tulisan mr oke jempol dacgh

  11. Nadia Sari IXc says :

    Mr.Akhta ini blog saya

  12. rila wati IX c says :

    ini blog saya pak

  13. mamomemo says :

    teman-teman emua mumpung ge ngumpul di blog bapa…kunjungin blog kku ya…

    bp.bejo : sorry pa saya promosi…hehehehe:)

  14. nurul wadah IX c says :

    di nurulwahdah.wordpress.com

  15. rila wati IX c says :

    di rilawati.wordpress.com

  16. rila wati IX c says :

    maaf pak ada kesalahan alamat blog saya
    di utendanteknologi.wordpress.com

  17. nadia sari IX c says :

    pak ini nama blog saya
    nadiasaridewi.wordpress.com

  18. nurlianaIX c says :

    pak ini blog saya di annaharuna.wordpress.com

  19. bernadetabara says :

    pak ini blog saya berna di bernadetabara.wordpress.com

  20. andreputramacal says :

    pak ini blog saya di hatnayati.wordpress.com

  21. andreputramacal says :

    pak ini blog saya di andreputramacal.wordpress.com

  22. hatna yati X c says :

    pak ini blog saya di hatnayati.wordpress.com

  23. akhta says :

    Di dunia maya, sering kali kita menemukan hal-hal yang tidak diduga. Ada positif, ada negatif. Terserah pada kebijaksanaan dan kedewasaan user. Apapun yang kamu lakukan, tetap harus berorientasi demi masa depan yang baik.😀

  24. akhta says :

    Betul…betul…betul. Nggak tahu tata krama dunia pade-blog-an.😦

Tinggalkan Balasan

