Marzuki Alie: Aulia Pohan Bukan Koruptor!


Ketua DPR Marzuki Alie angkat bicara soal pemberian remisi kepada Aulia Pohan (AP). Ia mengatakan, pemberian remisi merupakan murni kewenangan pemerintah dan tanpa disertai intervensi. Kepada tvOne ia menjelaskan bahwa AP bukanlah koruptor karena tidak terbukti memperkaya diri sendiri. AP hanya terkena pasal turut serta dan tidak terbukti turut menikmati hasil korupsi.

Bapak Ketua DPR RI nampaknya belum paham tentang definisi korupsi. Menurut penjelasan Pasal 2 UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001:

  1. Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan denda paling sedikit Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah).
  2. Dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu, pidana mati dapat dijatuhkan.

Untuk menyimpulkan apakah suatu perbuatan termasuk korupsi menurut Pasal ini, harus memenuhi unsur-unsur:

  1. Setiap orang;
  2. Dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi;
  3. Menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana;
  4. Dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

Menurut Kamus Hukum (2002), korupsi didefinisikan sebagai penyelewengan atau penggelapan uang negara atau perusahaan sebagai tempat seseorang bekerja untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

Sangat jelas keberpihakan Marzuki Alie pada AP. Apakah ada hubungannya antara pernyataan dia dengan AP sebagai besan SBY? Bukankah yang mengesahkan UU adalah DPR. Jadi tidak mungkin rasanya Bapak Ketua DPR RI tidak memahami definisi korupsi. Awas! Jika anda tidak memahami benar tentang korupsi, anda rawan terkena kasus yang sama dengan AP.

Tag:, , , , ,

5 responses to “Marzuki Alie: Aulia Pohan Bukan Koruptor!”

  1. budies says :

    berarti kalau guru ngajar dengan menyusutkan waktu tidak termasuk krupsi ya pak, padahal saya mengajak para guru, termasuk saya untuk tidak korupsi waktu

  2. akhta says :

    Termasuk korupsi pak😀
    Coba baca kesimpulan tentang perbuatan yang termasuk korupsi. Sepertinya apa yang dilakukan “guru” yang terlambat tadi masuk dalam kategori korupsi.

  3. ngatirin says :

    itulah keadaan bangsa kita jaman sekarang pak………..
    maaf bukanya menyepelekan/menghina sering kali pemerintah itu mengangkat pegawai atau yang lain bukan pada kapasitasnya. bukan hanya di pusat didaerah juga sering terjadi seperti itu.

  4. ardian says :

    kepada sluruh pejabat negara tolong pikirkan masyarakat kecil,jangaqn mikir prut sendiri…takut nya makin basnyak musibah di indonisia..inggat harta bukan segalanya,,,

  5. maladummm says :

    tulisan nya bagus pak..
    by:mala sari IXA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: