Hasil Pilkada Kalteng 2010


Hasil perhitungan cepat (quick count) Lembaga Survey Indonesia (LSI) untuk Pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah pada hari ini tanggal 6 Juni 2010 pukul 12 tengah malam telah menghitung 95,20% sample suara. Untuk sementara pasangan Agustin Teras Narang dan Ahmad Diran mendapatkan hasil suara tertinggi diantara ketiga pasangan lainnya.

Berikut ini prosentase yang didapat oleh masing-masing kandidat:

  • Achmad Amur – Baharudin Lissa (38.09%)
  • Agustin Teras Narang – Achmad Diran (41,53%)
  • Achmad Yuliansyah – Didik Salmijardi (16,16%)
  • Yuandrias –Basuki (4,35%)

LSI telah melakukan puluhan kali perhitungan cepat pada pilkada di berbagai daerah. Sementara ini berbedaan hitungan cepat dengan hasil pasti dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) selalu tidak lebih dari 1%. Tentunya LSI telah memastikan bahwa Agustin Teras Narang dan Achmad Diran akan terpilih kembali menjadi gubernur dan wakil gubernur Kalimantan tengah jika tidak dilakukan pilkada kedua. Beberapa daerah menerapkan peraturan KPU jika pilkada diikuti oleh lebih dari 2 pasangan dan suara yang diperoleh pemenang kurang dari 50% maka akan dilaksanakan pilkada kedua oleh kandidat yang memperoleh suara terbanyak dan kedua. Saya memprediksi bahwa pilkada akan berlangsung dua putaran mengingat selisih suara sangat ketat dan pasangan tertinggi jauh dari batas 50%.

Berita diperoleh dari update hasil update pilkada kalteng di http://m.antaranews.com

Sementara ini hasil perhitungan KPU Kalimantan Tengah pada tanggal 6 Juni 2009 pukul 14.00 menunjukkan hasil perolehan sementara :

1. Acmad Amur-Baharudin Lisa (41.47%)
2. Agustin Teras Narang-Achmad Diran (41.42%)
3. Achmad Yuliansyah-Didik Salmijardi (15,91%)
4. Yuandrias-Basuki (4,26%)

Tag:, , , , , ,

34 responses to “Hasil Pilkada Kalteng 2010”

  1. Warga Bartim says :

    semoga pilkada kalteng dimenangkan oleh pasangan yang memang dikehendaki oleh masyarakat.

  2. Dede Al Mustaqim says :

    Golput saya,,, gak pulang kampung,,, siapapun yg terpilih Kalteng Harus lebih maju..

  3. syalimuddin says :

    Semoga cepat keluar RTRWP…………..karena sangat besar berpengaruh 3 nblan kedepan perekonomian kalteng akan down. di kalteng tidak ada yg di andalkan selain dari kehutanan dan pertambangan, perkebunan, di kalteng tidak ada industri2, dan pengangguran2 akan bertambah????????????????????????/ LAjutkan????????????????????

  4. Helmy says :

    Saya tidak ikut memilih, tapi saya percaya pasangan yang menang adalah pasangang yang memiliki kualitas terbaik dari semua pasangan yang lain…

  5. yusami says :

    Pemilukada putaran kedua..? Lanjutkan…!

  6. Reynos says :

    Semoga Pemilu Ini Hanya Satu Putaran, Karena Kalo Sampe Dua Putaran Akan Memakan Dana Yang Banyak kan Mubajir Lebih Baik Dana Yang Ada Digunakan Untuk Hal Lain Yang Lebih Penting…………..Dan Saya Berharap Pasangan Teras – Diran Menang…………………

    Saya sangat setuju bila terjadi satu putaran, tp bukankah negara ini sudah sangat biasa melakukan hal-hal yang “mubajir”😀

  7. ando says :

    Mudah2 2 putaran….abis udah bosan sama yang memimpin sekarang….daerah tempatku bukanya tambah banyak lapangan kerja malah tambah melarat…..mencoba yang lain siapa tau ada perubahan heheheh

  8. Agerson Namang says :

    BAB VII

    PENETAPAN CALON TERPILIH, PENGESAHAN PENGANGKATAN, DAN PELANTIKAN

    Bagian Kesatu
    Penetapan Calon Terpilih dan Pengesahan Pengangkatan

    Pasal 47

    (1) Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara lebih dari
    50% (lima puluh persen) jumlah suara sah ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih.

    – 29 –

    (2) Apabila ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak terpenuhi, pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara lebih dari 30% (tiga puluh persen) dari jumlah suara sah, pasangan calon yang perolehan suaranya terbesar ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih dengan Keputusan KPU Provinsi atau Keputusan KPU Kabupaten/Kota.

    (3) Dalam hal pasangan calon yang perolehan suara terbesar sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terdapat lebih dari satu pasangan calon yang perolehan suaranya sama, penentuan pasangan calon terpilih dilakukan berdasarkan wilayah perolehan suara yang lebih luas.

    (4) Apabila ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak terpenuhi, atau tidak ada yang mencapai 30% (tiga puluh persen) dari jumlah suara sah, dilakukan pemilihan putaran kedua yang diikuti oleh pemenang pertama dan pemenang kedua.

    (5) Apabila pemenang pertama sebagaimana dimaksud pada ayat (4) diperoleh dua pasangan calon, kedua pasangan calon tersebut berhak mengikuti pemilihan putaran kedua.

    (6) Apabila pemenang pertama sebagaimana dimaksud pada ayat (4) diperoleh tiga pasangan calon atau lebih, penentuan peringkat pertama dan kedua dilakukan berdasarkan wilayah perolehan suara yang lebih luas.

    (7) Apabila pemenang kedua sebagaimana dimaksud pada ayat (4) diperoleh lebih dari satu pasangan calon, penentuannya dilakukan berdasarkan wilayah perolehan suara yang lebih luas.

    (8) Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara terbanyak pada putaran kedua ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih dengan Keputusan KPU Provinsi atau Keputusan KPU Kabupaten/Kota.

  9. Akhta says :

    Salut untuk pak Agerson yang mau memberikan pencerahan pada kami tentang pilkada putaran ke-2. Terima kasih pak.😀

  10. ikmal says :

    semoga yang akan menjadi gubernur kalimantan tengah dapat memajukan masyarakat kalteng yang lebih maju dan mandiri karena kalimantan tengah sangat kaya dengan sumber daya alam.

  11. barlin kurun says :

    siapa pun yang menang gak masalah yang penting bisa megang janji dan dapat “memajukan” masyarakat kalimantan tengah.

  12. warga kapuas says :

    bagi yg menang tepati janji2 kampenye anda

  13. jumiati says :

    yaaaach….mau’nya ga ada putaran k 2, n mau’nya ganti wajah baru donk yg jd gubernur.

  14. warga dayak says :

    masyarakat kita selalu ingin mencoba hal yang baru termasuk pemimpinya, kapan majunya kalau selalu memulai yang baru sedangkan yang lama aja masih belum selesai…makanya indonesia ndak maju-maju…..bravo teras-diran

  15. tokoh pembaharuan says :

    yang baru aja gin..

  16. yang laen lebih baik says :

    mudh2n ad pmmpin baru,klo yg lma ky gini2 aja,klo mau d lnjuti sdh ktuan klnjtn’y ky crta2 d sinetron

  17. sani says :

    gimana mau di pilih di daerah yg dipimpin saja kalah ?????????

  18. oetoeng soepangat says :

    .. aduh pening wal, jagoku kalah.. mana sudah jual motor pula
    ()&*^*^()))__)_+

  19. fauzal says :

    semoga perekonomian masyarakat d kalimantan tengah khususnya d muara teweh bisa membaik

  20. jack says :

    asal tunjangan daerah nggak dipotong aja lah… terserah siapa yg menang……

  21. The Fachia says :

    Tipis bgt nih persaingan calon 1 dan 2. Semakin sengit, apa yg terjadi? hehehe

    Semoga mendapatkan yg terbaik..

  22. Lasro says :

    Siapapun yg menang tdk jd masalah mereka adalah kepercayaan Tuhan, oleh sebab itu harapan sy nantinya gubernur terpilih bekerjalah sesuai tanggung jawab dan mamdat yang diberikan layaknya sbg seorang gubernur.

  23. joe says :

    semoga yang menang dapat memimpin dengan baik…

  24. dulqodir says :

    Sing penting ojo jotos jotosan yo mas yo….🙂

  25. tesar says :

    Siapa pun yang menang…., mesti legowo. siapapun yang kalah mesti menerima dgn lapang dada dan menerima kekalahan itu.

  26. tesar says :

    Bagi yg terpilih sebagai Pemimpin Kal-Teng (KH 1), tolong diperhatikan akses jalan yang menuju Kuala Pembuang. Kami sangat mengharapkan adanya pengasapal jalan dari Lempuyang menuju Ujung Pandaran hingga Kuala Pembuang (Kabupaten Seruyan). Kasian kami yg bekerja di daerah selalu tertinggal dgn kabupaten lain. Mohon ini segera di jadikan prioritas utama pembangunan di Kalimantan Tengah.

  27. Hendra says :

    siapa ya yang menang?!

  28. agus aja says :

    Pak Agerson….Mungkin Bpk adalah yg berkompeten ttg masalah pemilu. gw mo numpang nanya. pasalnya waktu pemilukada gubernur kmrn gw golput krn sy skrg berada diluar kalimantan. Padahal pilihan/jago saya ada. namun setelah kami mencermati pasal 22 Amandemen yang ke -4 UUD 45. itu sepertinya dikatakan peserta yg ikut pemilukada hanya yg tercatat sebagai partai politik. Trus bagi PNS YANG JELAS2 BUKAN PARPOL yg katanya harus netral, gimana dengan amandemen ini? boleh apa ga ikut sebagai peserta pemilu???????

  29. Daoz says :

    wah,, lagi2 pilkada.. gada yang lain ya,, demokrasi jalan batil tapi tetep aja dipake.. sampe mati ga akan sejahtera dengan penerapan demokrasi.. berterimakasihlah dengan demokrasi yang telah membuat kita lapar dan sengsara.. salam kenal ^^

  30. alto says :

    jgn smpai dpilih 2x cape dehhhhh,ddaerah sy bupati’x org PDIP tnjgan daerah aj dpotong,uang bnyk dhambur2kn

  31. Udin says :

    Apapun yg trpilih,smoga jd penyejuk tuk kalteng,biar kalteng gak ktinggalan mlulu!!
    Dan smua org yg brkwajiban dlm panwaslu saya harap bisa bekerja sebaik mungkin.
    Jujur,sbgai warga kcil saya mrasa sprtinya ga da gunax lg rakyat kcil dlm pesta demokrasi daerah,krna spertix hasil pemilukada sudah ditentukan oleh yg ‘berduit’.
    Trimakasih!

  32. fajar says :

    gimana hasil pilkada mau netral, kalau hasil perhitungan kpu di intervensi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. netralitas pns dalam pilkada kalteng hanya diatas kertas saja. buktinya banyak kepala skpd yang ikut dalam terjun langsung dalam kampanye. gimana kalteng mau maju kalau calon pemimpinnya menghalalkan segala cara untuk mempertahankan kekuasaannya.

  33. sukocho says :

    hidup Agustin Teras Narang – Achmad Diran (41,53%),,,hehehe

  34. Ilmy putai says :

    Kenapa belum di adakan pilkada ke-2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: