SMA KALIMANTAN TENGAH


Masa-masa SMA adalah masa yang paling indah. Begitu kata banyak orang termasuk yang dirasakan oleh Bejo. Pada masa sekolah SMA, Bejo memang tidak berprestasi dibidang akademik. Namun dia jago berorganisasi hingga mimpin OSIS dan Pramuka. Bejo juga jago main Bola Volley. Setiap pertandingan persahabatan melawan sekolah lain dia selalu jadi spiker andalan karena loncatannya yang tinggi hingga kepalanya mampu melewati batas tertinggi net 2 meter lebih padahal tingginya hanya 172 cm. Untuk urusan organisasi Bejo sangat kritis menulis dan mengkritisi kebijakan sekolah sampai-sampai Bejo berurusan dengan Wakasek Kesiswaan karena menurut Bejo Keuangan OSIS yang dikelola Wakasek tidak transparan dan cenderung hilang entah kemana. Tapi Bejo juga jago tawuran. Setiap ada perkelahian Bejo selalu terlibat. Bejo sangat ditakuti bukan karena jago berantem, tetapi rumah Bejo yang sangat dekat dengan sekolahan  memudahkan dia memobilisasi kawan-kawannya sekampung untuk membantu dia. Jelas aja Bejo selalu menang. Itulah gambaran prestasi dan kenakalan Bejo di masa SMA tahun 90an. Kenakalan remaja pada masa itu memang banyak didominasi oleh tawuran.

Pada saat ini, kanakalan remaja usia sekolah masih seputar tawuran. Tapi yang lebih memprihatinkan adalah kenakalan seksualitas remaja SMA. Coba lihat gambar disamping yang saya ambil dari mengetikkan “SMA” di mesin pencari Web menunjukkan salah satu kenakalan tersebut dan yang paling tinggi adalah video “bokeb” anak SMA bukan profil tentang sekolah atau prestasi anak-anak SMA. Tidak itu saja, kalo anda menggunakan SEO dari Google dan mengetik kata “porno” maka anda akan menjumpai 4 situs yang menyediakan layanan video pornografi gratis terbesar didunia dan yang ke-5 adalah video sex anak SMA. Bravo.. sungguh prestasi yang luar biasa dari anak SMA.

Salah satu SMA di Kalimantan Tengah yaitu di Kabupaten Barito Timur tepatnya di desa Awang Lampai menurut warga sekitar sekolah tersebut menceritakan bahwa 3 orang siswanya hamil besar sebelum menempuh ujian nasional maret depan. Bukan prestasi yang dicapai sekolah itu yang menjadi topik pembicaraan masyarakat sekitar sekolah. Sungguh ironis karena lembaga pendidikan menengah atas dinegeri ini lebih dikenal karena kenakalan seksualitasnya.

Tidak seluruh kata pencarian tentang SMA di SEO menampilkan sisi negatif. Mengetik kata SMA Kalimantan Tengah masih menampilkan situs Pemerintah Kalimantan Tengah dan posisi kedua adalah Blog WordPress SMAN 1 Pangkalan Bun. Seharusnya kata pencarian SMA didominasi oleh profil-profil sekolah jika tiap sekolah memaksimalkan seluruh siswa untuk mengelola situs atau blog dan menampilkan tulisan-tulisan tentang prestasi siswa dan guru. Seperti apa yang dilakukan oleh Jurnalis-Jurnalis Muda Ampah (WMS) yang masing-masing anggotanya memiliki blog dan didominasi oleh siswa-siswa SMAN 1 Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur di Kalimantan Tengah. Mereka sedang berusaha meningkatkan ranking kata pencarian SMA Kalimantan Tengah dengan cara mengadakan lomba SEO. Lomba ini diadakan oleh Komunitas Jurnalis Anak Ampah (JanaH) untuk para anggotanya. Bravo WMS, bukti bahwa anak SMA adalah anak yang berprestasi dan inovatif.

Finalis DLH di tempat Rehabilitasi orang utan Nyarumenteng, Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Prestasi Anak SMA Barito Timur

Nohan, Siswi SMAN 1 Ds. Tengah, DHL Barito Timur

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

11 responses to “SMA KALIMANTAN TENGAH”

  1. budisan68 says :

    wah ini calon juara nya ini, TAGnya itu manthab abis

  2. akhta says :

    Kl juara, emang dasar “bejo”

  3. bayuheroes says :

    pak bisaa klah ne kami hehe

  4. yusami says :

    Jo..jo… kamu koq gak mau ketinggalan. He..he…Bravo SMA, Bravo Bejo.
    .
    .
    @ Pak Yus: Namanya juga Bejo pak, selalu dibawa kemana-mana kayak slamet..hehehehe. Kalo Bejo ketinggalan mesti gak slamet!

  5. bayuputra says :

    wah..wah bisa menang lomba nih pak Akhta…
    masa-masa SMA memang masa yang tidak pernah bisa di lupakan pak…
    saya banyak pergaulan di masa2 muda yang di salah gunakan…semoga untuk kedepan tidak ada kasus yang macam2 lagi pak…salam..

  6. ecka says :

    huhhh!!!! nc adlah prestasi yg bisa di banggain olh samansayang

  7. ida bukan laggy fadasta says :

    hemmmmm….bNtar Lg gw bkAlan go kLimantan niCh…..pDahal gw cMan pngin sChool d’tsix…

  8. Q-ta BORDIR says :

    Qta bergerak di bidang konveksi & bOrdir membOrdir..
    Makanya kalau anda pengen mengenakan pakaian ( baju, kaOs, celana, tOpi, kebaya, PDH, PDL, seragam, dll ) dengan desain juga bOrdir sesuai keinginan anda, langsung saja hubungi Q-ta..
    Segala bOrdir ( logo, badge, atribut, bendera ) semau anda, Jangan ragu untuk hubungi Q-ta..

    Q-ta BORDIR
    Perum IKIP (UNY), Jl Deresan II/15 Yogyakarta
    Tlp / sms : (0274) 8390163 ; 081277184433 ; 085643060717
    Email/facebook : q_ta.bordir@yahoo.co.id

    Cb bk FB Q-ta…

  9. obat gonore says :

    Pelajat tugas pokonya belajar ilmu bukan belajar membuat anak

Trackbacks / Pingbacks

  1. Hasil SEO SMA Kalimantan Tengah « akhta's Blog - Februari 14, 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: