Belajar Bahasa Inggris tanpa Grammar


DSC00018

Lab Bahasa SMPN 1 Ds. Tengah

Sering kali belajar Bahasa Inggris sangat membosankan. Pelajaran tentang grammar adalah materi yang sangat membingungkan bagi saya ketika belajar bahasa inggris. Karena membingungkan, itulah sebabnya saya mengatakan membosankan. Saya benar-benar paham dan mengerti tentang grammar ketika mulai mengajar Bahasa Inggris karena setiap hari harus mempelajari itu sebelum disajikan pada peserta didik. Berbeda saat belajar, mengajar grammar sangat menyenangkan karena mudah. Materinya hanya itu-itu saja dan yang penting sudah sangat dikuasai karena selalu diulang-ulang. Makanya jika guru selalu mengajar grammar berarti dia mau enaknya sendiri. Sangat bertolak belakang. Peserta didik merasa bosan sedangkan guru merasa senang.

Pembelajaran adalah proses transfer skill, pengetahuan dan pengalaman. Lalu bagaimana belajar dan mengajar bahasa inggris yang menyenangkan? Melihat silabus KTSP th 2006, belajar bahasa inggris meliputi aspek mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Semua aspek tersebut menunjukkan bahwa belajar bahasa inggris adalah skill bukan pengetahuan. Ibarat seseorang belajar mengemudi mobil, dia tidak dapat belajar dengan cara membaca buku dan langsung bisa. Melainkan harus dimulai dengan proses memahami terlebih dahulu seluruh komponen dan cara kerjanya kemudian langsung praktek. Tanpa belajar dari buku seseorang akan mampu mengemudi mobil asalkan dia langsung praktek dan berlatih. Apa saja komponen belajar bahasa inggris?

Yang diperlukan dalam belajar bahasa inggris yang pertama adalah seorang instruktur sebagai pembimbing dan kawan berlatih. Carilah seorang instruktur yang mampu berkomunikasi aktif dan menarik dalam dua bahasa. Seandainya anda bukan peserta kursus atau intruktur / guru anda sangat menyebalkan, carilah melalui internet instruktur yang memberikan bimbingan secara online contohnya http://teguhhandoko.com atau hubungi saya di 085330088989 (hehe..promosi kusus wilayah Barito Timur) dan ada biaya sebagai kompensasi waktu yang telah saya luangkan untuk anda.

Kedua, anda harus memiliki tekad untuk bisa. Jangan belajar saat akan diperlukan atau akan wawancara pekerjaan saja. Ingat bahwa era globalisasi memaksa anda harus menguasai bahasa inggris. Lihat saja semua lowongan untuk jabatan level menengah-keatas manajemen harus bisa berbicara inggris. Bagi seorang guru peningkatan status sekolah menjadi RSBI (rencana sekolah berstandar internasional) menjadi dambaan dan untuk itu guru matematika harus bisa mengajar dalam dua bahasa. Lowongan PNS pun sekarang ini mulai mensyaratkan wajib berbahasa inggris.

Komponen ketiga adalah kamus dan media belajar seperti DVD. Ini sangat penting guna meningkatkan kemampuan vocabulary dan pronounciation. Tonton film atau dengarkan lagu-lagu dalam bahasa inggris akan melatih anda mendengarkan dan membunyikan kata dan kalimat. Yang juga penting adalah sering-seringlah menulis status facebook anda atau jejaring sosial lainnya guna meningkatkan percaya diri (PD) anda.

Jika semua komponen itu sudah dimiliki, berlatihlah serius dengan kawan atau instruktur anda. Turuti semua perintahnya dalam belajar bahasa inggris. Jika diminta untuk mengulang, maka taatilah karena skill hanya bisa dikuasai secara baik apabila dilakukan berulang-ulang. Lupakan belajar grammar karena nantinya anda akan tahu dengan sendirinya jika telah lancar berbicara. Sumpah….. belajar grammar sangat membosankan.

Tag:, ,

8 responses to “Belajar Bahasa Inggris tanpa Grammar”

  1. budisan68 says :

    komen pertama dapat hadiah…
    itulah sebabnya saya belajar bahasa inggris dari smp-sma-kkuliah tetap saja gak bisa bahasa engres

  2. akhta says :

    Okay pak hadiahnya bisa diambil dirumah saya berupa password untuk log in belajar bahasa inggris scr online / atau langsung berupa CD yg berisikan 32 materi. Dijamin langsung bisa….

    Siapa lagi yang mau komen????

  3. smaduta says :

    makasih, dapat hadiah beneran berupa CD. tapi bukan berati saya datang ke rumahnya tanpa CD. lho kok…

  4. smaduta says :

    saya tak coba upload converter pdf to word. masuk saja di blog saya http://budies.wordpress.com/unduh/
    kalau pingin upload file pakai link http://www.ziddu.com/register.php?referralid=(yONInrWc7

  5. smaduta says :

    weh ternyata ukuran filenya 32 mb, gak bisa naik-naik. spidinya lagi lemot. nanti hari Rabu saja Insya Allah saya ke SMP

  6. aam says :

    kurang berhasil g mna ni

  7. bayu putra says :

    salam kenal pak akhta…pak budi hari selasa aja pak kumpul barengnya di SMA sama pak akhta,pak Hamdan, pak merjon juga… yah sambil ngajarin saya…hee

  8. bayu putra says :

    lupa Pak Mulyadi, Pak Anam juga.. maklum saya baru belajar pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: