Cara merekam audio komputer kedalam kaset


kaset1Rekaman tape memang tidak up to date alias kuno di jaman sekarang ini. Tapi tidak ada salahnya kita mengetahui sedikit bagaimana cara merekam semua audio yang keluar dari komputer baik yang berformat Mp3,  WAF (windows audio file), atau format lainnya. Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman saya ketika akan membuat materi  Listening Comprehension bagi peserta ujian praktek kelas IX disekolah. Sebenarnya fasilitas lab bahasa sudah sangat lengkap. Namun karena jumlah peserta ujian yang mencapai 180 orang dan waktu yang tersedia untuk seluruh mata pelajaran yg diujikan  hanya 4 hari, maka cara klasik harus kami lakukan dengan membawa tape keruang ujian.” Lalu bagaimana cara merekam materi yang tersimpan di  komputer kedalam kaset?” pikir saya.

Awalnya saya menggunakan tape recorder kecil yang biasanya  digunakan untuk merekam pidato atau pembicaraan seseorang. Suara yang keluar melalui speaker langsung saya rekam dan hasilnya kurang memuaskan. Terdengar suara-suara yang berasal dari background lingkungan kita yang ikut terekam.

Setelah berfikir lama, saya mencari kabel audio 3’5 to RCA. Kabel tersebut saya colokkan pada audio out yang ada di pc komputer, dan RCA saya imagestancapkan pada audio in di tape player saya. Tidak semua tape player memiliki audio in meski sudah ada amplifiernya. Jadi anda harus punya tape player yang ada audio in nya. Tapi suara ternyata tidak dapat keluar dari speaker tape. Hal ini terjadi karena tape player saya bukan aktive speaker yang dapat mengolah gelombang audio yang masuk melalui audio in menjadi suara yang dapat didengar.

Untuk itu kita harus kembali kepada setingan awal pc komputer kita yaituspeaker-aktive menggunakan speaker aktive yang ada. Namun perlu dicatat bahwa speaker aktif yang kita gunakan harus memiliki lubang jack 3’5 audio out. Tancapkan audio kabel 3’5 pada lubang ini kemudian RCA pada colokan audio in tape player. Hasilnya, speaker tape player dapat menghasilkan suara. Nah……. Anda sudah dapat merekam suara yang dihasilkan tanpa perlu takut ngobrol dengan kawan karena suara background di sekitar kita tidak akan ikut terekam.

Tapi jangan senang dulu, suara  hasil rekaman tidak sebaik kaset rekaman dari Production House (PH) karena mono (tidak stereo). Tapi semua bergantung kepada peralatan yang kita gunakan. Semakin baik peralatan kita, hasilnya pun akan berbeda bila menggunakan alat yang seadanya. Namanya juga rekaman…….. Kalo mau bagus anda harus beli yang asli jangan bajakan / hasil rekaman. Sudah aslikah Windows anda?

7 responses to “Cara merekam audio komputer kedalam kaset”

  1. budi says :

    pokoke tiada nasi goreng, sate kambingpun jadi. begitu seharusnya pepapatah kita. ketika dihadapkan suatu permasalahan yang harus segera ada jalan keluarnya. dan ini juga salah satu jalan keluar
    salam kreatif

  2. renstanford says :

    udah dari jaman jadul biasanya juga gitu cara rekamnya, mas…

    1. Colok kabel PC (Audio out) -> Mini Compo (Audio in)
    2. Compo: Set “source record” ke audio-in/aux
    3. Compo: aktifkan tombol “Record”-nya
    4. PC: “Play” lagunya

    Kualitas rekaman tergantung dari tape yg merekam.
    Dulu aku pake Pioneer laser deck di rumah hasilnya bagus banget koq, stereo pula.
    .
    @Rend: Wah… buat sampean iku termasuk teknik kuno, tp didaerahku bisa ngetik pake komputer iku dah hebat. We have played computer together since 1992. I remember that.

  3. Rotmianto says :

    Aku gak usah banyak2 comment deh…wis sip kok. Ok, smg sukses sll, Ta.

  4. Agung Suparjono says :

    hmmmmmmmmm,
    ikuti konts seo indonesia tentang pariwisata, klik http://anakampah.wordpress.com/2009/05/23/kontes-wisata-seo-sadau

  5. nohara11 says :

    jalan-jalan om…

  6. Ahmad santoso says :

    Menurut saya,memang di sekolah peralatan belum lengkap tapi setidanya kita bisa memanfaatkan peralatan yg sedanya utk membuat rekaman dan master.

  7. Ayu setiowati says :

    komentar saya:
    Assalamu’alaikum wr.wb.
    1.)Pak,,bagaimana cara merekamkan audio dari komputer ke dalam media magnetik(kaset)dgn menggunakan tape recorder…???

    2.)tape player yang bagaimana/apa yang memiliki Audio In???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: