Belajar Bahasa Inggris


Mr. AkhtaBelajar bahasa inggris harus dimulai dengan niat. Biasanya, niat yang kuat menimbulkan semangat. Sekarang ini banyak buku yang mengupas tentang tata bahasa inggris (grammar) yang penyajiannya dapat dipahami dengan mudah.

Persoalan yang sering dihadapi oleh orang yang belajar bahasa inggris mandiri adalah praktek berbicara. Mereka tidak memiliki partner untuk melatih percakapan sehingga mereka sering kali tidak pede ketika diminta untuk speak in English. Padahal pengetahuan grammar dan kosa katanya udah lebih dari cukup.

Beberapa tips berikut ini untuk mereka yang belajar bahasa inggris secara mandiri:

  • Perbanyaklah kosa kata (vocab) dengan banyak membuka kamus. Sering membuka postingan dalam bahasa inggris membuat anda banyak menemukan kosa kata baru, catat dan hapalkan kosa kata tersebut dengan cara membaca berulang-ulang postingan itu sampai anda benar-benar mengerti. Agar tagihan internet tidak melonjak, jangan lupa postingan tersebut diprint saja.
  • Untuk mengatasi perbedaan tulisan dengan cara melafalkannya, sering-seringlah memutar lagu berbahasa inggris yang pasti banyak jumlahnya dan jangan lupa anda harus memiliki teksnya untuk kemudian berteriaklah mengikuti menyanyikan lagu itu dengan suara yang keras. Jangan hiraukan suara anda yang sumbang karena anda tidak sedang berlatih mengikuti kontes idola.
  • Hal yang paling sulit adalah belajar tata bahasa. Tapi jangan kuatir, Betty Schrampfersudah banyak buku grammar yang memberikan penjelasan yang sangat mudah untuk dipahami contohnya karya Betty Schramfer Azar, “”Uderstanding and Using English Grammar.” Jangan lupa mencari buku yang memberikan penjelasan dalam bahasa Indonesia agar tidak mempersulit anda untuk memahami. Buku diatas juga berisikan latihan-latihan yang sederhana dan mudah disertai kunci jawaban.
  • Ada berbagai style dalam aksen Bahasa Inggris, ada British English, American English, Australia juga punya style sendiri, dan bahkan Singapore juga punya style sendiri.
    Salah satu kesulitan kita adalah berusaha meniru “native speaker” (orang yang berbahasa inggris sejak mulai bisa bicara) secara sempurna, ketika berbahasa Inggris, kita berusaha jadi orang Inggris…., jadi orang Amerika….., jadi orang Eropa….padahal kita jelas-jelas orang Indonesia yang berbahasa Inggris! Jadi buat apa bangga dengan gaya bahasa Inggris yang niru-niru, banggalah jadi orang Indonesia yang bisa berbahasa Inggris dengan style Indonesia.
    Bagaimana sih style Indonesia? Jawabnya ….belum ada! Jadi bagaimana?
    Berbicaralah Bahasa Inggris dengan pede walaupun tidak sama persis dengan native speaker, berbicaralah Bahasa Inggris dengan menjadi diri sendiri! Itulah style anda!
    Komunikasi terjadi ketika dua pihak saling mengerti dan memahami, that is the point!
    So…lets speak english confidently, though you say “little-little sih I can!” pada awalnya…… Jadi gak perlu malu berbicara sebisa anda. (http:belajarbahasainggrismandiri.blogspot.com)

Semoga tips diatas berguna bagi anda. Kalo tidak pun gak pa pa karena tips tersebut terinspirasi dari pertanyaan istri saya, “Pa, ajari aku cara belajar paling gampang bahasa inggris!”

Mati aku, kuliahku aja 7 tahun baru kelar. Itu pun sampai sekarang kalo ada orang ngajak ngomong bahasa inggris dan dia kayaknya lebih jago saya masih suka gemeter. Yo wis lah…..

Tag:

3 responses to “Belajar Bahasa Inggris”

  1. wyd says :

    buat orang dewasa mungkin ga terlalu mudah kalau diminta menghafal, pak. ingatannya ga lagi sekuat waktu muda.

    tambahan tips dari saya buat menambah kosa kata, pertama: baca buku atau koran berbahasa inggris, bukan buat meniru tata bahasanya yang standar koran tapi buat nambah kosa kata. kedua: sering2 nonton film ‘barat’ dengan mendengar dulu percakapan baru membaca teks terjemahan. cuma hati2, saya termasuk yang salah memilih film di awal2nya sehingga kosa kata saya mirip2 kosa kata anak jalanan🙂

  2. cay_aulia says :

    tambah sip aja bos, pengalaman pribadi boleh juga di buat bahan untuk menulis mdh2an tipsnya bs di jadikan bahan untuk para pelajar serta anak didik yang lain. Tambahan dari ulun always try don’t be afraid..
    .
    .
    @ Thanks buat masukan dan sarannya.

  3. citago says :

    terimakasih buat tipsnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: