akhta's Blog

First step leader

CARA MEMASANG WIFI ACCESS POINT DENGAN MODEM

Posted by akhta pada Agustus 21, 2010


Menggunakan Wifi Access Point (WAP) sebenarnya gampang-gampang susah. Jika anda menggunakan modem dan WAP yang berbeda misalnya modem merek TP Link dan WAP merek SMC atau Asus, anda harus memperhatikan konfigurasi TCP/IP atau LAN IP Address antara modem dengan WAP sama atau tidak. Biasanya sebagian access point dapat memperoleh IP Address secara otomatis dari DHCP Server modem anda jika IP Address bawaan antara modem dan WAP berbeda. Contohnya, modem SMC biasanya IP Address defaultnya adalah 192.168.2.1 sedangkan WAP TP Link adalah192,168.1.1. Keduanya tidak akan menemukan masalah karena WAP akan memperoleh DHCP secara otomatis. Anda cukup menggabungkan keduanya dengan mengikuti langkah-langkah dari buku petunjuk bawaan WAP TP Link dan anda sudah bisa langsung konek dengan internet.

Jika IP Address default modem dan WAP sama, misalkan IP Address modem TP Link dan WAP Asus sama yaitu 192.168.1.1 biasanya anda mendapat koneksi wifi namun tidak dapat mengakses internet. Anda harus merubah salah satu IP address. Saran dari saya, jangan merubah IP Address modem. Meskipun bisa tetapi kadang-kadang IP Address modem kembali ke setingan awal (default) ketika kita mematikan modem. Lebih baik anda merubah IP Address WAP.

Cara merubahnya adalah sebagai berikut:

1. Nyalakan terlebih dahulu WAP, jangan menghubungkan WAP dengan modem.

2. Sambungkan WAP dengan komputer/laptop anda dengan kabel LAN bawaan WAP.

3. Masuk ke Admin Access (Control Panel) WAP melalui browser anda dengan mengetik IP Address pada bar address. Lihat gambar.

4. Masukkan nama login dengan password. Untuk mengetahuinya baca buku petunjuk yang disertakan.

5. Setelah login, pilih LAN. Kemudian ganti LAN IP Address. Jika IP Default adalah 192.168.1.1 maka ganti dengan 192.168.2.1. Lihat gambar.

6. Kemudian klik Save Setting untuk menyimpan setting terbaru.

7. Hubungkan WAP dengan modem menggunakan kabel LAN bawaan.

8. Selesai.

Semoga anda tidak menemukan masalah lagi karena jika anda mengikuti semua petunjuk dengan benar, maka anda sudah dapat koneksi internet melalui wifi. Selamat mencoba.

30 Tanggapan to “CARA MEMASANG WIFI ACCESS POINT DENGAN MODEM”

  1. musnani said

    informasi ini bisa disimpan, siapa tahu nanti sekolah kami akan memerlukan….(kapan ya…?)

  2. yusami said

    berarti harus jeli juga ya Pak, post yang keren , pasti manfaat nih. salam sukses selalu.

  3. Budisastro said

    waktu masang hari itu saya juga menduga karena konflik IP, ya karena gak bisa login jadinya gak selesai…untung sekarang sudah bisa ketemu jurusnya

  4. akhta said

    @ Pak Budi: Betul pak, waktu itu kita hanya berfikir login ke modem saja. Padahal bisa login ke WIFI. Tp setelah saya ganti IP dari modem, hasilnya sama saja nggak bisa akses data.
    Setelah berfikir mengganti IP WIFI, ternyata itu solusi yang benar. Saya jd mikir, kenapa pd saat itu nggak kepikir ya? :D

  5. ngatirin said

    wow, kalau begitu bpak aja yang masang dirumahku, keina amun sudah kawa pang

  6. munanto said

    kapan2 pengin coba ini deh..

  7. aneh said

    itu toolbar firefox lu ga salah tuh?? bisa betah ya kaya gitu? heran

  8. akhta said

    @Aneh: kok ada ya orang aneh kayak kamu? heran :D

  9. neno said

    aku mau nanya nich, aku dikasih temen WLAN Acces Point IEEE 802 11g merk edimac, ya sayange gak ada perlengkapan lain, ya hanya kayak radio kecil tok, antena gak ada, kabel gak ada, apalagi buku panduan. Nah apa yang kurang dan perlu nambah apa dan carane gimana. Maklum cah deso SLB lagi. Matur nuwun

  10. inovator said

    saya mw nanya neh saya kan masih awan dalam wifi bisakan dijelaskan pemasangan wifi disertai videonya?? thanks

  11. uddin said

    td udhah mau q coba melalui kompt kantor..tp oq malah jd takut yach bila terjadi sesuatu dg kompt kantor.
    >> terus gue mau tanya niech, problem apa sih yg akan terjadi bila pemasangan wi fi ini gagal. n gimana cara memperbaiki nya.!
    thankz yach sebelum na..!!!

  12. akhta said

    @Udin: Kalo sesuai dengan petunjuk yang saya berikan, tidak mungkin gagal :D
    Jika terjadi problem, lepas saja modem wifi-nya dan pasti kembali seperti semula.
    Jangan kuatir untuk mencoba karena tips yang saya berikan tidak akan merubah setting koneksi internet. Try and error adalah pengalaman yang terbaik :D

  13. frengky said

    trims infonya bos.

  14. ahmad said

    trims ea Bos info’y…
    bisa di cobak nie….
    hehe

  15. wawan said

    mau tanya, saya mengkoneksikan acces point prolink, ip bawaanya 192.168.123.254. trus saya rubah bagian WAN pada acces point sesuai dengan satu kelas di modem. misal ip modem 192.168.5.100, saya ganti ip di wan satu kelas jadi 192.168.5.98. sebnet mask sama, dan gatewaynya saya gunakan ip modem tersebut..tetapi yang teradi saya hanya bisa akses ip AP saja sedagkan tes ping ke modem tidak ada balasan.. sampai ber jam jam saya coba dengan try n error tapi tetap saja tidak berhasil.. mohon solusinya.. kirimkan ke email saya.. terimakasih ( wawan)

  16. Nining Ratnaniningsih said

    infonya bermanfaat nih,makasih ikut share ya?

  17. nurul islam said

    ok

  18. nurul islam said

    wew,..

  19. nurul islam said

    brapa biaya masangnya,?? :D

  20. agus said

    mkasaihh info ny ????

  21. aku sudah mencobanya ternyata berhasill ..mksihh yhhh

  22. linda said

    Terima kasih atas infonya kami harap mampir kesini http://www.unsri.ac.id

  23. aank said

    saya punya modem speedy ditempat keluarga dengan jarak 15 mtr, sinyal wifi tidak sampai tempat saya bagaimana cara mengatasinya, trims gan

  24. cikidaw said

    asdasd

  25. nanang said

    haloo aq mau tau cara nya nih caranya masang telkom

  26. nanang said

    ayolah aq mau masang telkom gimana caranya

  27. nijar said

    aq mau tahu cara masang speeydi tanpa masang telkom gmana?,,.,.

  28. Dadan said

    Klo saya blajar boleh nanya kan….makasih

  29. pak saya pingin masang tapi gak ada adapternya bagaimana ya

  30. pak cara memasukkan kabel adapter ke komputer gimana ya caranya saya masih belum ngerti banget padahal saya kewarnet tapi saya tidak hafal memasukkannya

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

